www.malokoi.com
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit. detail

18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi. detail

13 April 2012
Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur
Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l. detail

20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru. detail

» index berita
Testimonial
Yane
Cepat benerrr responnya pdhl transaksinya uda sore bgt, tp besoknya uda sampai, tangerang-sukabumi serasa dekattttt

TAMIM
cepet beneeer... hikari hi-growth dah nympe bogor < 24 jam... seep

Ferry
Deliverynya cepat, respond nya juga bagus...pertahankan ya.

arif wicaksono
Fast response ... just one day ... good job ... pertahankan

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Seputar Kolam Untuk Koi

13 Juli 2011

Kolam untuk Koi biasanya dibuat adalah sebagai bagian landscape untuk keindahan rumah. Dengan demikian ada baiknya jika kolam yang dibuat tidak terlihat terlalu kaku dan dominan dan juga tidak terlihat membosankan, misalnya hanya berbentuk kotak persegi yang berdiri sendiri dan warna menonjol. Sebisa mungkin bentuk kolam koi dapat dibuat sedemikian rupa sebagai bagian dari rum ah dengan kombinasi tanaman yang ada di sekelilingnya.
Bentuk design kolam koi sendiri diusahakan agar dapat mendorong dan mencapai pertumbuhan yang sehat dan optimal dari Koi, dimana dengan pertumbuhan yang normal koi koi tersebut diharapkan dapat mencapai potensi yang maksimumnya pada waktunya atau disebut dengan istilah 'finish'.

Baggian atau komponen utama kolam koi pada umumnya terdiri atas:

1. Skimmer
Berfungsi untuk menangkap air di permukaan serta menyaring kotoran yang mengambang dan juga busa air yang merupakan sisa protein. Biasanya skimmer ini dilengkapi dengan semakacam keranjang sebagai tempat menyaring kotoran yang ada dan dapat dibersihhkan jika sudah penuh.

2. Bottom Drain

Berbeda dengan kolam taman pada umumnya yang memiliki dasar tanah dan batuan, kolam koi membutuhkan bottom drain sebagai alat untuk menyalurkan kotoran ikan dan sisa makanan ke chamber filter mekanis.

3. Filter Mekanis

Filter mekanis ini diperlukan untuk menahan kotoran dan sisa makanan yaang dapat menyumbat filter biologis. Filter mekanis ini harus dibershikan secara berkala dan lebih sering dibanding dengan chamber filter lainnya. Yang termasuk dalam jenis filter mekanis ini adalah vortex, brush, matting, sand, gravel, settlement chamber dll.

4. Filter Biologi

Filter biologi ini berfungsi untuk mengurai sisa kororan berupa zat berbahaya nitrit oleh bakteri pengurai, atau prosesnya disebut juga sebagai siklus nitrogen. Sangat dibutuhkan pengertian atas proses ini sebelum membuat suatu sistem filter bilogi yang benar. Sebagaimana filter mekanis, filter biologi ini juga harus dibersihkan secara berkala untuk menjaga tingkat kualitas air dan kesehatan koi. Beberapa jenis filter biologi dapat dikategorikan dalam dua kategori, aerasi dan non areasi.
- moving bed filter (aerasi)
- bakki shower atau trickle tower (aerasi)
- sand filter (non aerasi)
- bead filter

Fungsi aerasi berupa pemasangan aerator di chamber filter biologi adalah untuk meberikan oksigen yang cukup kepada bakteri pengurai.

5. Ultra Violet (UV)

UV berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan algae di kolam. Perttumbuhan algae yang tidak terkontrol akan menyebabkan air berwana hijau dan mengurangi keindahan kolam. Jika kolam sudan 'matured' dengan sendirinya air air bening dan tidak membutuhkan UV lagi.

6. Pompa Sirkulasi

Untuk melakukan sirkulasi air, diperlukan pompa yang kapasitasnya disesuaikan dengan besar volume kolam termasuk chamber nya. Perhitungan secara umum, seluruh isi kolam harus dapat disirkulasi secara penuh dalam waktu 1 jam. Dengan demikian, untuk kolam dengan kapasitas 10.000 liter, diperlukan pompa sirkulasi dengan kapasitas 10.000liter per jam.



Baca juga
  » 28 Februari 2013
Mengatasi Potensi Bahaya Mati Listrik Kolam Koi
Salah satu masalah besar yang bisa timbul atas koi peliharaan di kolam beton adalah matinya supply listrik PLN baik secara keseluruhan ataupun hanya MCB yang turun akibat kelebihan beban / short circuit.

  » 18 Juni 2012
Goshiki
Goshiki berarti lima warna, yakni hitam, merah, putih, biru dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkalwinan silang antara Kohaku dan Asagi.

  » 13 April 2012
Oksigen Terlarut (DO) dan Temperatur
Oksigen terlarut adalah tingkat saturasi udara di air yang dinyatakan dalam kadar mg per liter air atau part per million (ppm Koi akan mulai megap megap dan kekurangan oksigen bila kadar udara terlarut dalam air di bawah 4 mg/l.

  » 20 Desember 2011
Probiotik Untuk Koi
Probiotik untuk aplikasi manajemen ekosistem air kolam sebetulnya sudah lama dikenal oleh hobiis Koi berupa pemberian bacteria starter ( Ocean free super battle, Aqua Plus filter starter, Gesund Biotika dll) pada kolam yang baru.

  » 7 November 2011
Kolam Koi Berbusa
Salah satu hal yang sangat mengganggu kenikmatan untuk melihat koi adalah adanya busa (foam) pada permukaan kolam

Information
6 user sedang online
Anda pengunjung ke-348,968
YM
wins_lly
Search
Search:
USD Calc
US$ x Rp. 8,500 =
Rp.  

© 2011 www.malokoi.com
Jl. Pahlawan Seribu 3C, BSD ( Sebelah Alfa Mart)
Serpong, Tangerang. Ph: (021)5388314 , Hp: 081284457092 , BB: 2A766D9F
email : malokoi0311@gmail.com


Toko Online